tentang ban all season
di negara dengan sudut lintang tinggi, setiap tahunnya mengalami pergantian musim sebanyak empat kali. banyak hal yang perlu disesuaikan untuk mengikuti perubahan musim, salah satunya yaitu penggunaan ban.
pilihan ban
jika membahas tentang style ban di negara empat musim, ada tiga jenis ban yang biasa jadi pilihan. summer tire, winter tire, dan all season tire.
summer tire
adalah ban yang di desain untuk melaju di jalan aspal kering maupun basah. pada ban ini terdapat groove dan horizontal ribs yang membantu ban mendapatkan traksi dan mampu mengevakuasi air saat melewati jalanan basah.secara compound, ban ini mengandung cukup banyak silica, dan carbon black untuk meningkatkan durabilitas ban saat bekerja pada suhu tinggi.
ban ini memiliki keunggulan kontrol steering yang baik berkat area kontak ban yang luas, serta tingkat kenyamanan yang cukup baik saat melaju di jalan aspal. namun summer tire ini mengalami penurunan performa di suhu kurang dari 15C. karet ban jenis summer tire ini akan cenderung mengeras dan kehilangan elastisitasnya, serta bentuk alur ban seperti ini kurang cocok untuk melaju di atas permukaan salju atau aspal yang tertutup es.
winter tire
jenis ban ini mempunyai bentuk alur ban yang khas dengan banyaknya sipe atau guratan guratan horizontal yang berfungsi untuk menambah traksi ban di jalan bersalju. kemudian komponen ban ini mengandung karet lebih banyak dibandingkan dengan jenis ban summer, agar ban tetap elastis di suhu tinggi.
performa ban winter ini sangat baik di suhu rendah (<7C). dan memberikan kontrol yang sangat baik di jalan yang tertutup salju atau es.
ban all season
sesuai namanya, ban all season ini adalah ban yang diciptakan untuk mengemudi di suhu rendah. dengan bentuk alur ban campuran antaran winter tire yang mempunyai guratan horizontal di punggung ban nya, serta mempunyai groove yang cukup lebar yang bisa menjadi jalur pembuangan air. sehingga performanya tetap baik digunakan di segala musim
ban all season di Indonesia
IMHO, sebetulnya agak nyeleh.. penggunaan jenis ban all season untuk iklim tropis di indonesia. rata rata suhu di indonesia berkisar diatas 20 derajat celcius. suhu paling dingin pun mungkin masih berada di atas 15C saat berkendara di pegunungan.
penggunaan jenis ban summer tire sudah sangat cukup untuk melibas aspal jalanan di indonesia yang tantangannya ada di durabilitas dan kemampuan wet grip saat melaju di aspal basah.
Komentar
Posting Komentar