Review Ban motor Aspira Premio Urbano 70/90 -17 (front) di motor bebek

dear teman teman, sampai juga akhirnya untuk saya mengganti ban depan si motor bebek vega RR di usianya yang hampir menginjak usia 6 tahun dengan total odometer 31 ribu Km.

ban IRC NF63
Ban merk IRC NF63 ini merupakan bawaan pabrikan yamana dengan ukuran standard 70/90 yang dipasang pada velg 17 inch jari jari. kondisi pattern ban masih cukup tebal saat saya mengganti ban. alasan utamanya yaitu karet ban sudah sangat terasa mengeras, gripnya jauh berkurang dibandingkan dengan kondisi baru, dan sudah terlihat retak di hampir semua bagian.

Ban Aspira Premio Urbano
ini adalah ban incaran saya sejak lama. kali pertama membeli ban ini saat ban belakang motor matic saya ganti sepatu. (klik link untuk review ban belakang aspira urbano 90/90 ring 14 matic). kesempatan kedua ini saya pun mencoba kembali merk yang sama sebagai calon pengganti ban depan vega RR saya.
beruntungnya saya, pada kesempatan kali ini mencari ban merk aspira premio sedikit lebih mudah dibanding saat dulu ban ini baru meluncur. singkat cerita datanglah saya ke salah satu toko ban yang mempunyai stok ban ini. ban depan ukuran 70/90 tubetype bermerk aspira premio urbano siap saya tebus seharga 150ribu berikut pemasangannya.

Mengapa Ban ini?
setelah cukup puas dengan impresi ban belakang aspira premio urbano, saya pun penasaran dan sangat ingin mencoba performa ban depan aspira premio yang punya desain kekinian dengan alur kembangan yang terbalik.

Desain
Saat pemasangan ban, terlihat penjual ban agak kesulitan memasang ban motor karena sidewall ban ini katanya sangat keras, tidak selentur ban merk lain. Pemasangan sampai dilakukan oleh dua orang hanya untuk menyelipkan ban dalam motor. Yang satu menarik bibir ban yang satunya lagi masukkan ban dalam.

pasang ban di pusat ban
Fitur yang memang membuat saya penasaran yaitu alur kembangannya yang dibuat terbalik. Sebagai catatan, aspira premio ini membedakan bentuk pattern ban depan dengan ban belakang. dimana untuk ban depan ini pattern ban justru beralur terbalik. pastinya ada nilai plus minus untuk desain seperti ini, lanjut di ulasan ya...


Impression
berbeda, itu impresi pertama saya dengan ban motor ini. Feel pengendalian motor berubah cukup drastis, stang terasa menjadi lebih ringan saat digerakkan setelah pasang ban motor ini. saya pikir ini disebabkan dari sidewall ban yang cukup keras, sehingga kontak permukaan ban dengan aspal tidak sebanyak ban yang saya pakai sebelumnya (IRC NF63). terasa seperti ban yang kelebihan tekanan ban, saya coba kurangi tekanan angin pun rasanya tidak berubah. (nanti saya coba isi sesuai tekanan yang direkomendasikan, dan mencobanya kembali).

update : setelah beberapa hari berkendara dengan mengurangi sedikit tekanan ban depan justru tarikan motor jadi berat. gimana sih motor yang kurang angin, jadi ga lincah dan kurang nyaman. kemudian saya kembalikan tekanan ban ke normal.

ada dua hal lain yang saya rasakan berbeda, yaitu saat berbelok dan berakselerasi. saat berbelok, feel ban depan yang terasa lebih ramping ini membuat saya agak kikuk saat berbelok miring. manuver berbelok terasa lebih ringan dari biasanya. mungkin karena bentuk ban IRC itu punya semacam bagian tebal di sisi kiri kanan bannya yang dekat dengan bagian sidewall.

nilai plusnya, grip ban motor ini terasa cukup baik saat berbelok, entah mungkin karena bannya baru / atau compound ban yang memang lebih soft. dan saya jadi pede jalan lebih cepat di tikungan. whwh :D

pattern ban depan aspira premio urbano

Namun dampak negatifnya, akselerasi motor saya terasa melambat setelah pakai ban ini (padahal sebelumnya vega itu rasanya gesit di kecepatan rendah dengan ratio gearnya yang besar dan rapat). mungkin hal ini disebabkan karena bentuk alur pattern ban yang memang menabrak kaidah efisiensi berkendara (kembangan terbalik). 

Yes, saya dapat grip dan kemampuan pengereman yang lebih baik, tetapi juga mendapatkan hambatan gulir ban yang lebih tinggi. terasa sekali untuk motor berkubikasi mesin kecil macam si vega ini. langsung ngeden, hahaha..

Kondisi jalan basah
ya, ini yang saya ragukan dari ban ini. bentuk alur ban aspira premio ban depan ini justru mengarahkan air ke bagian tengah ban. bagaimana dengan gripnya di jalanan basah? saya rasa setelah beberapa minggu pemakaian gripnya cukup gigit kok di aspal. tidak selicin ban lama motor saya yang sudah expired itu. mantap pokoknya gripnya!

kesimpulan
tibalah di akhir bagian ulasan ini. secara garis beras ada nilai plus minus dari ban ini yaitu sebagai berikut.
Plus
(+) grip ban mantap di jalanan kering maupun basah
(+) handling nyaman
(+) tampilan sidewall oke
minus
(-) akselerasi motor sedikit melambat, terasa sekali di motor bebek saya yang bermesin kecil.

Komentar

most popular review