review ban motor bebek IRC NR 78 80/90 R17
Dear sobat Blog, pada tulisan kali ini saya ingin sedikit mengulas mengenai ban belakang motor bebek yang sudah saya pakai selama enam tahun.
Mengapa ban ini?
awal mulanya memang ban ini adalah ban bawaan motor Yamaha Vega RR. IRC merupakan produk dari pabrikan ban lokal di Indonesia, yaitu PT Gajah Tunggal (GT). usia pakai ban yang cukup awet pun menjadi pertimbangan saya untuk mengganti ban belakang standard ini dengan tipe dan merk yang sama.
awal mulanya memang ban ini adalah ban bawaan motor Yamaha Vega RR. IRC merupakan produk dari pabrikan ban lokal di Indonesia, yaitu PT Gajah Tunggal (GT). usia pakai ban yang cukup awet pun menjadi pertimbangan saya untuk mengganti ban belakang standard ini dengan tipe dan merk yang sama.
Jujur, baru kali ini saya punya motor dari baru dan ban nya baru diganti setelah usia lima tahun serta 30ribu kilometer berkendara. rasanya kalo bukan karena kejadian ban bocor berulang, saya ga akan buru buru ganti ban ini, ngirit muehehe..
Fitur
nothing special sebetulnya, nilai plusnya dari ban ini memang dari durability ban nya seperti yang saya sebutkan diatas. kekuatan ban belakang menahan laju keausan ban nya sangat baik untuk kelas ban harian dengan jenis medium compound.
nothing special sebetulnya, nilai plusnya dari ban ini memang dari durability ban nya seperti yang saya sebutkan diatas. kekuatan ban belakang menahan laju keausan ban nya sangat baik untuk kelas ban harian dengan jenis medium compound.
memang untuk merk IRC ini ban depan dan belakang mempunyai kode khusus NR, sedangkan untuk ban khusus roda depan diberi kode NF. mungkin desain ban ini memang lebih ke motor harian yang tidak membutuhkan performa grip yang sangat tinggi
Pattern
bentuk alur kembangan ban ini menurut saya seperti kebanyakan model ban IRC jadul ya. membosankan dengan kembangan ban yang sangat ramai di sisi kiri kanan ban serta garis zig zag di tengah. sepertinya memang ban ini tidak mengejar grip yang mantap, lebih ke efisiensi pembuangan air saat kondisi aspal basah. yes cocok sekali sama motornya yang memang ga bisa diajak lari, hehe..
bentuk alur kembangan ban ini menurut saya seperti kebanyakan model ban IRC jadul ya. membosankan dengan kembangan ban yang sangat ramai di sisi kiri kanan ban serta garis zig zag di tengah. sepertinya memang ban ini tidak mengejar grip yang mantap, lebih ke efisiensi pembuangan air saat kondisi aspal basah. yes cocok sekali sama motornya yang memang ga bisa diajak lari, hehe..
bentuk alur zigzag di tengah dengan kembangan yang ramai |
Durability
ya, ini alasan utama saya kembali menggunakan ban yang sama, padahal di rentang harga yang sama di kelas tube type, ada beberapa pilihan ban yang cukup keren seperti aspira premio urbano yang merupakan produk hasil kerjasama pabrikan ban lokal dengan pirelli.
ya, ini alasan utama saya kembali menggunakan ban yang sama, padahal di rentang harga yang sama di kelas tube type, ada beberapa pilihan ban yang cukup keren seperti aspira premio urbano yang merupakan produk hasil kerjasama pabrikan ban lokal dengan pirelli.
tapi, kembali lagi ke faktor durability ban nya. rasanya ban aspira ini lebih terlihat lebih cepat aus setelah dua tahun di matic saya, walau memang gripnya cukup bagus. dan pilihan yang paling tepat untuk si vega RR yang suka jalan-jalan ini jelas butuh yang lebih awet!
Si IRC NR 87 ini pun menemui ajalnya setelah bannya terlihat retak (karetnya mengeras) setelah usianya hampir enam tahun pemakaian, dan ban dalamnya bocor lebih dari satu kali dalam sehari.
Bisa dibilang untuk urusan durability compoundnya dia oke banget. baru kali ini loh saya pake motor, kondisi ketebalan ban depan dan belakangnya aus berbarengan. biasanya usia ban belakang ini hanya setengah dari ban depan saja.
Price
saat membeli ban ini di bulan september 2019, harganya menyentuh 170 ribu di sebuah toko ban motor di bandung. ditambah ban dalam 35 ribu, akhirnya dibulatkan menjadi pas 200 ribu dengan bonus pemasangan dan isi nitrogen gratis. bukan harga yang murah memang jika dibandingkan dengan harga online. ditambah produksi ban ini berkode 2718 yang berarti ban produksi tahun 2018 di bulan juli (setok ban satu tahun lalu).
saat membeli ban ini di bulan september 2019, harganya menyentuh 170 ribu di sebuah toko ban motor di bandung. ditambah ban dalam 35 ribu, akhirnya dibulatkan menjadi pas 200 ribu dengan bonus pemasangan dan isi nitrogen gratis. bukan harga yang murah memang jika dibandingkan dengan harga online. ditambah produksi ban ini berkode 2718 yang berarti ban produksi tahun 2018 di bulan juli (setok ban satu tahun lalu).
andai saat itu sedang tidak kepepet (bocor di jalan setelah ditambal berulang) rasanya saya lebih baik membeli ban yang sama di toko online karena harganya lebih murah. atau beli ban enviro NR91 jika saat itu tersedia versi tube typenya. yah, nasib motor bebek pake roda jari jari. lebih mudah cari ban stylish kekinian di R14 matic sebetulnya.
Kesimpulan
sampai juga di akhir review, berikut kesimpulannya
sampai juga di akhir review, berikut kesimpulannya
(+) pros :
1. durability tinggi.
2. pattern dengan alur ban yang ramai baik untuk kondisi aspal basah di musim hujan.
3. ban dibuat khusus untuk roda belakang.
1. durability tinggi.
2. pattern dengan alur ban yang ramai baik untuk kondisi aspal basah di musim hujan.
3. ban dibuat khusus untuk roda belakang.
(-) cons :
1. harga mahal
2. alur ban yang jadul, dan terlalu ramai (bukan ban kekinian).
1. harga mahal
2. alur ban yang jadul, dan terlalu ramai (bukan ban kekinian).
sekian dan terima kasih
update : entah kenapa saya cek di website irctire.co.id pun, ban ini tidak ada di katalog produk pabrikannya. mungkin ban ini sudah diskontinyu atau turun ke pasaran sebagai ban pabrikan (OEM) saja.
update : entah kenapa saya cek di website irctire.co.id pun, ban ini tidak ada di katalog produk pabrikannya. mungkin ban ini sudah diskontinyu atau turun ke pasaran sebagai ban pabrikan (OEM) saja.
Sampai sekarang saya juga pakai bang untuk motor mx saya ukuran 100/80 ya walaupun jadul tapi gak kalah sama grip corsa 😂irc mantul 👌
BalasHapus