Review : 4 tahun bersama Yamaha Vega RR

Dear all, kali ini saya mau coba bahas salah satu tunggangan di rumah. barangkali memang lagi cari motor, semoga bisa jadi referensi memilih motor second (sepertinya udah ga ada barunya yang ini, CMIIW).

Embrio motor ini sudah ada sejak saya kecil di tahun 90 an. yaitu bebek berbodi ramping yamaha F1ZR. inget banget karena tetangga depan rumah punya bebek dua tak bersuara nyaring ini. knalpotnya punya jendolan khas motor dua tak, yang menukik ke atas.

merk YAMAHA VEGA ini lahir sebagai kelanjutan dari produk F1ZR tersebut namun dengan jenis mesin empat tak. Seakan tak pernah tua, pabrikan berlogo garputala ini pun terus melakukan perubahan dari mulai facelift hingga peningkatan kubikasi mesin (tentunya menyesuaikan dengan regulasi pemerintah dan permintaan pasar).  Yamaha Vega RR ini merupakan versi karbu terakhir yang diskontinyu di tahun 2014, kemudian digantikan oleh penerusnya yamaha force dengan basis mesin yang sama namun sudah menerapkan teknologi injeksi. (ulasan sejarah motor vega bisa dibaca disini)

http://blog.mortech.co.id/generasi-yamaha-vega-dari-masa-ke-masa/

menuju ke pembahasan utama mengenai motor VEGA series paling bontot ini. Sebagai informasi, motor ini sudah saya pakai selama lebih dari empat tahun (dari 2014 awal). Review kali ini akan saya sajikan dalam format Q&A agar lebih mengalir ceritanya (biar gampang update nya jika ada pertanyaan tambahan). Please enjoy.. *drum roll*

Q : apa saja perbedaan dengan motor vega-vega yang lain ?
A: Motor vega RR ini merupakan versi terbaru keluarga yamaha vega yang masih menggunakan karburator. Hadir sebagai minor change dari vega ZR. masih dengan mesin, serta lampu utama yang sama. Sedikit perbedaan hanya terletak pada tarikan garis body depannya yang lebih tajam serta lampu sein depan yang lebih sipit serta ditutup plastik doff sehingga cahaya lampu sein nya terlihat lebih lembut dan elegan. (vega ZR lebih membulat).

Q: Kenapa memilih motor ini?
A: motor ini merupakan pilihan istri saya, menurut pengalamannya, motor ini joknya tidak terlalu tinggi, dan mudah dikendarai.
Jawaban kedua untuk pertanyaan ini yaitu soal budget. harganya yang pada tahun 2014 hanya dibandrol 10 juta rupiah + plus tawaran diskon dealer 1 juta untuk pembayaran cash. karena motor ini produksi tahun 2013, alias stok lama. pada tahun yang sama, yamaha juga punya jagoan baru yaitu yamaha force  dengan basis mesin yang sama namun sudah berteknologi injeksi.

Q: Apa saja fitur dari motor ini ?
A: Basic sekali untuk motor jaman now. Tidak ada fitur apapun tersemat dalam motor ini. Speedometer & meter bensin masih model jarum, lampu masih bohlam biasa, dan uniknya vega RR ini spoke wheelnya sudah dicat warna hitam. Lebih terlihat sporty dan tidak mudah (terlihat) kotor.

Q: bagaimana dengan perawatannya ?
A: selama 4 tahun, motor diservice rutih di bengkel resmi dengan interval tiga bulan sekali. Saat tulisan ini dibuat km motor sudah menyentuh 24.000 km. Oli mesin selalu yamalube standard, penggantian busi dilakukan setiap 6 bulan sekali. Service yang agak mahal terjadi pada km 12.000. Dilakukan penggantian gear set yang sudah tidak presisi, plus ganti komstir.

Q: Bagaimana pelayanan service /aftersales di bengkel resmi?
A: Dari segi biaya, sekali service rutin 3 bulanan saya hanya menghabiskan sekitar 75 ribu termasuk jasa service dan penggantian oli. Ditambah bila ganti busi sekitar 14 ribuan, masih dibawah 100ribu rupiah bila tak ada sparepart lain yang perlu diganti.
Untuk pelayanan bengkel, saya rasa cukup baik juga, sparepart lengkap. Pernah satu waktu ada keluhan motor susah hidup saat start dingin di pagi hari, setelah dicek masalah ternyata ada pada selang bensin yang sudah robek. Mekanik bersedia mengakali motor dengan selang biasa kemudian mencarikan parts orinya yang hanya seharga 10 ribu.

Q: apa saja kelebihan yang dirasakan ?
A: motor ini punya torsi yang mantap. Saya paling suka bawa motor ini melintas daerah pegunungan. Cocok sekali ratio gearnya sebagai kuda beban (buat angkut beban).
Kedua, motor ini ban nya awet sekali. Bawaan pabriknya

Q: kemudian, apa kekurangannya?
A: motor ini mempunyai rasio gear yang besar. imbasnya top speed dari motor ini cenderung rendah. putaran mesin cenderung tinggi walaupun kecepatan masih sekitar 60-70 km/jam. kurang cocok dibawa keluar kota.

kekurangan lain menurut saya, motor ini mempunyai jenis karburator model vakum. dimana bukaan bensin tergantung dari kevakuman ruang mesin. memang karbu vakum ini lebih hemat bbm, namun saat kondisi dingin motor justru sulit dihidupkan. engga yang start langsung jalan, pasti tersendat sendat dulu.

bersambung.. (bila ada tambahan pertanyaan, bisa diisi di kolom komentar).

Komentar

most popular review